Selasa, 22 Januari 2013

soal dan jawaban filsafat


Nama                           : Anshori
NIM                            : 084122020
Kelas/Smeseter            : H1/Satu
Jurusan/Prodi              : Tarbiyah/PBA
Soal
1.      Apa yang dimaksud FILSAFAT menurut anda?
Jawaban :
            Menurut pendapat saya filsafat adalah pandangan hidup seseorang  yang menjadi atau merupakan konsep dasar untuk mengapai  sesuatu yang dicita-citakan, maksutnya yaitu suatu sikap seseorang yang dengan sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam (sampai keakar-akarnya)

2.      Menurut Drs. H. Ahmad Syadali, M.A. dan Drs. Mudzakir dalam bukunya ‘’ FILSAFAT UMUM’’ , mengatakan bahwa ‘’filsafat adalah alam pikiran/alam berpikir dan berfilsafat artinya berfikir’’  akan tetapi yang menjadi pertanyaan apakah semua berpikir berarti berfilsafat?
Jawaban :
            Tidak , karena yang dimaksud berfikir (berfilsafat) itu memiliki tiga ciri utama yaitu: 
a.       Radikal , maksudnya berpikir sampai keakar-akarnya
b.      Sitematis, maksudnya berpikir logis, yang bergerak selangkah demi selangkah dengan penuh kesadaran,berurutan,dan teratur
c.       Universal, maksudnya tidak berpikir khusus , terbatas pada bagian-bagian tertentu, namun harus mencangkup secara keseluruhan.

3.      Apakah yang dimaksud dengan KEBIJAKSANAAN menurut pendapat anda?
Jawaban :
            Menurut pendapat saya kebijaksanaan adalah sesorang yang mempunyai pengertian yang mendalam mengenai segala sesuatu yang meliputi kehidupan manusia

4.      Apakah FILSAFAT itu bisa disebut ilmu pengetahuan?
Jawaban :
            Menurut saya  bisa !!!
Sebab  ilmu pengetahuan itu timbul karena rasa keingin tahuan manusia terhadap sesuatu, dan juga ruang  lingkup yang dimilik filsafat dan ilmu pengetahuan itu sama yaitu sama-sama memiliki tiga ruang lingkup antara lain :
a.       ontologi yang berfungsi menetapkan ruang lingkup yang menjadi objek telaah dan penafsiran tentang hakikat realitas dari objek telaah yang telah ditentukan.
b.      epistemologi yang berfungsi atau cara materi pengetahuan diperoleh dan dibentuk menjadi suatu tubuh pengetahuan.
c.       aksiologi yaitu asas penggunaan pengetahuan yang telah diperoleh dalam tubuh pengetahuan.
Maka sangat jelas bahwa sebenarnya ilmu pengetahuan adalah merupakan buah hasil dari filsafat.

5.      Setujukah jika FILSAFAT disebut sebagai induk ilmu pengetahuaan ?
Jawaban :
            Setuju !!!
            Sebab filsafat itu pada mulanya timbul karena rasa kagum dan heran manusia. Pada tahap awalnya kekaguman dan keheranan itu terarah pada gejala-gejala alam. Dalam perkembangan lebih lanjut, karena permasalahan manusia menjadi lebih kompleks, maka manusia berusaha mencari jawaban atas berbagai permasalahannya dengan perenungan untuk mencari kebenaran.
            pada masa keemasan Yunani kuno, dimana kondisi masyarakat tidak banyak bergejolak dan kebutuhan dasar setiap orang terpenuhi. Dalam masyarakat seperti ini orang mulai bertanya-tanya mengenai hahikat dirinya. Disinilah manusia mulai mengenal filsafat, yaitu sebagai sebuah proses perenungan untuk mencari kebenaran dimana manusia keluar dari kesempitan berfikir dan berani berfikir secara universal dan menyeluruh.

6.      Apakah ada perbedaan berfikir biasa, dan berfikir filsafat, jelaskan?
Jawaban :
            Berfikir Biasa adalah berfikir dengan menggunakan akalnya secara sederhana untuk memperoleh pengetahuan terutama dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan, sehingga manusia dapat mempertahankan hidupnya.
sedangkan berfikir Filsafat adalah berfikir dengan cara bertanya dan seperti simbu tanda Tanya . juga harus mengacu pada kaidah-kaidah tertentu secara disiplin dan mendalam sehingga setiap masalah/subtansi mendapat pencermatan yang mendalam untuk mencapai kebenaran jawaban dengan cara yang benar sebagai manifestasi kencintaan pada kebenaran.
7.      Filsafat dapat memberikan pencerahan dalam berfikir, benarkah pernyataan tersebut, jelaskan ?
Jawaban :
            Iya , sebab  dengan filsafat seseorang akan menggunakan akal fikirannya untuk mencari tahu apa yang sedang dicarinya oleh akalnya sehingga apa yang ia fikirkan akan mendapat sesuatu sesuai yang diharapkan oleh akan fikirnya sehingga ia akan mendapatkan kepuasan yang dirasakannya jika apa yang fikirkan berhasil ia pecahkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar